LINGKUNGAN (STRATEGI GLOBAL) : STRATEGI PASAR GLOBAL
Tugas Ini Disusun Guna untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
pada Mata Kuliah
“Manajemen Startegik”
Dosen Pengampu : AGUS SUSILO, MM, QIA, CA
Disusun
oleh:
·
Sherly
Octaviani 1562017
·
Lia Indriani 1562018
·
Irma Ainaini 1562019
·
Mita
Galuh Osy Lestari 1562020
·
Weny
Marga Rusla 1562024
·
Ida
Muhlida 1562025
AKUNTANSI KS 01
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PGRI DEWANTARA JOMBANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat
dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang
berjudul “Lingkungan
(Strategi Global) : Strategi Pasar Global”
ini
membahas mengenai pengertian dan penjelasan dari masing - masing topik yang
kami bahas.
Dalam penulisan makalah ini kami banyak mendapat
bantuan dari berbagai referensi buku dan website. Oleh karena itu, kami ingin
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut memudahkan penulisan
makalah ini.
Kami sadar bahwa dalam makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan kami.
Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir kata, kami memohon maaf apabila dalam penulisan
makalah ini terdapat banyak kesalahan.
Jombang, 27 September 2016
Kelompok
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………2
DAFTAR ISI…………………………………...……………………………………….3
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar
Belakang ……………………………………………...…......................4
1.2Rumusan
Masalah.……………………………………………………………5
1.3Tujuan……………….......................................................................................5
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Manajemen Startegik……………..…………………............……6
2.2
Mengelolah Pasar Global………..……………………………………………6
2.3
Startegi Global….….........................................................................................7
2.4
Pemilihan Strategi……………………………………………………...…......8
2.5
Aliansi Strategi………………………………………….………...…………..9
2.6
Contoh Strategi Pemasaran Produk
PT.Unilever Indonesia tbk………………………………………....………………………………... 10
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan ………………………...………………………..…...................11
3.2
Saran…………………………………………………………………………11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….......................................12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Persaingan dunia usaha ini tampak
semakin meningkat, hal ini menyebabkan manajemen setiap perusahaan mendapat
tantangan untuk berusaha secara kompetitif. Perusahaan yang ingin berhasil
memperoleh laba serta bertahan bertahun-tahun, tumbuh dan berkembang harus
mampu mengelola usahanya dengan menggunakan manajemen yang baik.
Dalam menghadapi persaingan yang
semakin pesat pemimpin perusahaan dituntut agar lebih cermat dan tepat dalam
menentukan strategi agar dapat memenangkan persaingan, sehingga pada akhirnya
perusahaan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pelaku bisnis ini juga
memiliki serangkaian kemampuan baru seperti dapat mengoperasikan saluran
informasi dan penjualan baru yang ampuh dengan jangkauan geografis yang
meningkat pesat untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk
mereka. Dengan membuat satu atau lebih situs web perusahaan dapat menyampaikan
daftar produk dan jasanya, riwayatnya, filosofi bisnisnya, peluang kerjanya,
dan informasi lain yang penting bagi para pengunjung/pelanggan. Perusahaan juga
dapat mengumpulkan informasi yang lengkap dan lebih kaya tentang pasar,
pelanggan, dan pesaing. Perusahaan tidak hanya menemukan informasi berlimpah,
perusahaan juga dapat mengadakan riset pemasaran dengan cara yang sama sekali
baru dengan menggunakan internet. Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan
para pelanggan dan calon pelanggan, dan transaksi secara lebih efisien.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari manajemen
strategi?
2.
Bagaimana cara mengelolah pasar
global?
3.
Bagaimana cara menyusun strategi
global?
4.
Bagaimana cara pemilihan strategi?
5.
Apa pengertian dari aliansi
strategi?
1.3
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian manajemen strategi.
2. Untuk mengetahui cara mengelolah pasar global.
3. Untuk mengetahui cara menyusun strategi global.
4. Untuk mengetahui cara pemilihan strategi pada perusahaan.
5. Untuk mengetahui pengertian dari aliansi strategi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Strategi
Istilah strategi adalah
berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Strategos” yang mempunyai
konotasi istilah Militer, yaitu penerapan taktik dalam berperang untuk
mengalahkan musuh. Dengan kata lain penerapan seni dari ilmu berperang dengan
mengerahkan kekuatan militer untuk mengalahkan musuh atau memperkecil efek dari
kekalahan. Namun dalam era bisnis sekarang ini yaitu suatu cara, taktik
bagaimana memenangkan suatu pertarungan bisnis bahkan melumpuhkan
saingan-saingan bisnis lain.
Strategi perusahaan pada
hakekatnya adalah upaya mempertahankan diri dengan membentuk keunggulan
bersaing melalui berbagai cara. Manajemen strategi dapat dikatakan sebagai
manajemen keseluruan organisasi yang menyangkut arah perusahaan ke masa yang
akan datang. Manajemen ini akan memberikan kerangka untuk menejemen
operasional. Manajemen strategi berorientasi kepada lingkungan bisnis yang
komplek, berpedoman pada tujuan yang jelas, dengan memanfaatkan cara atau
sarana yang dikembangkan secara baik, sambil memanfaatkan kesempatan yang
terbuka. Manajemen strategi bertalian dengan pengambilan keputusaan tentang
strategi yang diambil dan perencanaan bagaimana strategi tersebut akan
dilaksanakan. Menurut Sapiie dalam Manajemen Indonesia (1993) kegiatan
manajemen strategi dapat dibagai dalam tiga bidang :
1.
Analisa strategi untuk mengetahui posisi pada saat ini.
2.
Pemilihan strategi berhubungan dengan formulasi dan evaluasi dari berbagai
alternatif strategi serta pengambilan keputusan tentang strategi yang dipilih.
3.
Strategi implementasi ditujukan untuk melaksanakan strategi yang dipilih.
2.2 Mengelola
Pasar Global
Perusahaan internasional adalah perusahaan yang melakukan
kegiatan atau bisnis internasional atau investasi nasional.
Setiap negara memiliki banyak perbedaan dalam berbagai
hal seperti, budaya, politik, sistem ekonomi, peraturan (hukum) dan
perkembangan ekonomi yang berbeda.
Dalam hal
ini, terdapat empat hal yang perlu
diperhatikan bisnis pasar domestik (lokal) apabila ingin menjadi pemain bisnis pasar global,
yaitu:
1.
Negara-negara
adalah berbeda.
2.
Masalah yang
akan dihadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya.
3.
Pebisnis
internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi pengaruh
(intervensi) dari pemerintah negara setempat.
4.
Transakasi
internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.
2.3 Strategi Global
Dalam bisnis global, perlu dipahami lingkungan yang
berkaitan dengan perbedaan politik, ekonomi, sosial, budaya juga perdagangan
dunia dan kerangka investasi serta sistem moneter global.
Tujuan utama dari perusahaan adalah bagaimana
perusahaan menciptakan laba yang optimal yakni, menambah nilai produk agar
konsumen mau membayar lebih dan melakukan kreasi nilai (value creation) agar
dapat menurunkan biaya produksi.
·
Peningkatan laba melalui ekspansi global
Untuk meningkatkan laba perusahaan domestik, salah
satunya dengan cara melakukan pengembangan secara global. Dengan ini akan
diperoleh :
ü
Pendapatan
yang lebih besar, melalui kemampuan khusus atau inti.
ü
Menyadari
ekonomi lokasi, dimana mendorong terciptanya kreasi nilai (value creation) pada
lokasi yang mungkin paling efisien.
ü
Menyadari
adanya kurva pengalaman yang lebih besar, yang akan mengurangi biaya (value
creatio).
·
Tekanan-tekanan untuk mengurangi biaya dan local responsiveness
Dalam memasuki pasar global, ada dua tipe tekanan
persaingan yang akan dihadapi, yaitu:
ü
Tekanan
untuk pengurangan biaya
Tekanan ini dapat diatasi dengan cara melakukan
produksi masa dan standardisasi produk pada lokasi yang tepat.
ü
Tekanan
untuk tanggap akan lingkungan lokal
Tekanan lokal terjadi karena hal-hal berikut :
Perbedaan selera konsumen dan
pilihan
Perbedaan infrastruktur dan praktek tradisional
Perbedaan saluran distribusi
Permintaan pemerintah local
2.4 Pemilihan Strategi
Perusahaan
memiliki empat jenis strategi untuk bersaing di pasar global yaitu :
2.4.1 Strategi Internasional
(International Strategy)
Strategi ini menawarkan bagaimana perusahaan
menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan
produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana dibidang ini merupakan
kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.
2.4.2 Strategi
Multidomestik ( Multidomestic Strategy)
Dalam strategi ini, perusahaan secara ekstensif
melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisi
nasional yang berbeda dimana value creationjuga diciptakan pada
kegiatan produksi, pemasaran, R&D (penelitian & pengembangan) di setiap
negara yang di jadikan pasar global.
2.4.3 Strategi
Global
Strategi global memusatkan pada peningkatan laba,
dimana lebih mengarahkan pada standardisasi kualitas produk secara global, dan
tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan
strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.
2.4.4 Strategi Transnasional
Strategi ini mencoba mencapai semua strategi yang ada
untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana perusahaan melakukan
pengurang biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta
tekanan lokal. Jadi strategi ini berusaha untuk mengurangi tekanan pengurangan
biaya dan tekanan local responsiveness yang tinggi secara
bersama dan juga melakukan diferensiasi.
Masing-masing strategi mempunyai kelebihan dan
kekurangan. Untuk itu, kita sebagai perusahaan harus bisa memilih strategi yang
tepat untuk berbagai kondisi dengan pertimbangan tekanan pengurangan biaya dan
tekanan local responsiveness yang dihadapi.
2.5 Aliansi Strategi
Aliansi strategi adalah suatu komponen penting dalam
sebuh strategi dimana berkenaan dengan persetujuan kooperasi atau persetujuan
bersama antara pesaing potensial dengan pesaing yang telah ada.
Dalam aliansi strategi ini terdapat berbagai
keunggulan dan kelemahan. Salah satu keunggulan aliansi strategi adalah mudah
memasuki pasar internasional dengan saling melengkapi dalam hal keahlian dan
penurunan biaya dan resiko dalam memasarkan produk serta mudah dalam penentuan
standar teknologi industri internasional.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar aliansi
strategi ini berhasil, yaitu :
2.5.1
Pemilihan
partner, dimana harus jelas siapa yang akan kita ajak kerjasama, apakah partner
tersebut dapat bekerjasama mencapai tujuan strategi dan tujuan aliansinya serta
tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang. Dan sebagai perusahaan yang
akan melakukan aliansi strategi, kita harus melakukan berbagai langkah seperti,
mencari informasi mengenai partner dan mengumpulkan data serta mencari tahu
mengenai partner tersebut.
2.5.2
Struktur
aliansi, yaitu menentukan suatu struktur hingga terjadi keadilan dalam hal
pembebanan resiko dan menghindari terjadinya pemanfaatan dari partner untuk
kepentingannya sendiri.
2.5.3
Penanganan
aliansi, dalam hal ini dapat dilakukan pengamanan dengan teknologi, atau dengan
penetapan kontrak, dimana terjadi persetujuan atau kesepakatan yang jelas,
adil antara perusahaan dengan partnernya dengan komitmen yang mantap agar
tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan.
2.6
Contoh Strategi
Pemasaran Produk PT Unilever Indonesia,Tbk.
2.6.1 Kumpulan Data
Seperti
kita ketahui, Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi
barang konsumen memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan
pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para
pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati
kehidupan.
2.6.2 Tujuan Pemasaran
·
Menjadi yang pertama dan terbaik di
kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
·
Menjadi rekan yang utama bagi
pelanggan, konsumen dan komunitas.
·
Menghilangkan kegiatan yang tak
bernilai tambah dari segala proses.
·
Menjadi perusahaan terpilih bagi
orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
·
Bertujuan meningkatkan target
pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata
karyawan dan pemegang saham.
·
Mendapatkan kehormatan karena
integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
2.6.3
Strategi PT UNILEVER tbk dalam
memasarkan produk
Di
dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT UNILEVER tbk memiliki
strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan,
strategi itu antara lain:
·
Kepemimpinan harga rendah
·
Diferensiasi produk
·
Berfokus pada peluang pasar
·
Menguatkan keakraban pelanggan dan
pemasok
Strategi Promosi yang dapat
dilakukanoleh PT Unilever yaitu:
·
Periklanan
·
Promosi Penjualan
·
Hubungan Masyarakat dan Publisitas
·
Penjualan Secara Pribadi
·
Pemasaran Langsung
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Untuk mempersiapkan
strategi pemasaran yang efektif pada era globalisasi di ini perusahaan harus
mempelajari persaingan serta pelanggan actual dan potensial. Perusahaan perlu
mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan, kelemahan, dan pola reaksi
pesaing, mereka juga perlu mengetahui cara merancang system informasi yang
efektif.
3.2 Saran
Penantang pasar menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar lain secara
agresif untuk memperbesar pangsa pasar. Untuk itu perusahaan harus merancang
system intelijen persaingan yang efektif guna memenangkan persaingan pasar di
era globalisasi ini
DAFTAR
PUSTAKA
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen
Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta,
1996 .
LINGKUNGAN (STRATEGI GLOBAL) : STRATEGI PASAR GLOBAL
Tugas Ini Disusun Guna untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
pada Mata Kuliah
“Manajemen Startegik”
Dosen Pengampu : AGUS SUSILO, MM, QIA, CA
Disusun
oleh:
·
Sherly
Octaviani 1562017
·
Lia Indriani 1562018
·
Irma Ainaini 1562019
·
Mita
Galuh Osy Lestari 1562020
·
Weny
Marga Rusla 1562024
·
Ida
Muhlida 1562025
AKUNTANSI KS 01
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PGRI DEWANTARA JOMBANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat
dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang
berjudul “Lingkungan
(Strategi Global) : Strategi Pasar Global”
ini
membahas mengenai pengertian dan penjelasan dari masing - masing topik yang
kami bahas.
Dalam penulisan makalah ini kami banyak mendapat
bantuan dari berbagai referensi buku dan website. Oleh karena itu, kami ingin
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut memudahkan penulisan
makalah ini.
Kami sadar bahwa dalam makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan kami.
Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir kata, kami memohon maaf apabila dalam penulisan
makalah ini terdapat banyak kesalahan.
Jombang, 27 September 2016
Kelompok
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………2
DAFTAR ISI…………………………………...……………………………………….3
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar
Belakang ……………………………………………...…......................4
1.2Rumusan
Masalah.……………………………………………………………5
1.3Tujuan……………….......................................................................................5
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Manajemen Startegik……………..…………………............……6
2.2
Mengelolah Pasar Global………..……………………………………………6
2.3
Startegi Global….….........................................................................................7
2.4
Pemilihan Strategi……………………………………………………...…......8
2.5
Aliansi Strategi………………………………………….………...…………..9
2.6
Contoh Strategi Pemasaran Produk
PT.Unilever Indonesia tbk………………………………………....………………………………... 10
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan ………………………...………………………..…...................11
3.2
Saran…………………………………………………………………………11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….......................................12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Persaingan dunia usaha ini tampak
semakin meningkat, hal ini menyebabkan manajemen setiap perusahaan mendapat
tantangan untuk berusaha secara kompetitif. Perusahaan yang ingin berhasil
memperoleh laba serta bertahan bertahun-tahun, tumbuh dan berkembang harus
mampu mengelola usahanya dengan menggunakan manajemen yang baik.
Dalam menghadapi persaingan yang
semakin pesat pemimpin perusahaan dituntut agar lebih cermat dan tepat dalam
menentukan strategi agar dapat memenangkan persaingan, sehingga pada akhirnya
perusahaan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pelaku bisnis ini juga
memiliki serangkaian kemampuan baru seperti dapat mengoperasikan saluran
informasi dan penjualan baru yang ampuh dengan jangkauan geografis yang
meningkat pesat untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk
mereka. Dengan membuat satu atau lebih situs web perusahaan dapat menyampaikan
daftar produk dan jasanya, riwayatnya, filosofi bisnisnya, peluang kerjanya,
dan informasi lain yang penting bagi para pengunjung/pelanggan. Perusahaan juga
dapat mengumpulkan informasi yang lengkap dan lebih kaya tentang pasar,
pelanggan, dan pesaing. Perusahaan tidak hanya menemukan informasi berlimpah,
perusahaan juga dapat mengadakan riset pemasaran dengan cara yang sama sekali
baru dengan menggunakan internet. Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan
para pelanggan dan calon pelanggan, dan transaksi secara lebih efisien.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari manajemen
strategi?
2.
Bagaimana cara mengelolah pasar
global?
3.
Bagaimana cara menyusun strategi
global?
4.
Bagaimana cara pemilihan strategi?
5.
Apa pengertian dari aliansi
strategi?
1.3
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian manajemen strategi.
2. Untuk mengetahui cara mengelolah pasar global.
3. Untuk mengetahui cara menyusun strategi global.
4. Untuk mengetahui cara pemilihan strategi pada perusahaan.
5. Untuk mengetahui pengertian dari aliansi strategi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Strategi
Istilah strategi adalah
berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Strategos” yang mempunyai
konotasi istilah Militer, yaitu penerapan taktik dalam berperang untuk
mengalahkan musuh. Dengan kata lain penerapan seni dari ilmu berperang dengan
mengerahkan kekuatan militer untuk mengalahkan musuh atau memperkecil efek dari
kekalahan. Namun dalam era bisnis sekarang ini yaitu suatu cara, taktik
bagaimana memenangkan suatu pertarungan bisnis bahkan melumpuhkan
saingan-saingan bisnis lain.
Strategi perusahaan pada
hakekatnya adalah upaya mempertahankan diri dengan membentuk keunggulan
bersaing melalui berbagai cara. Manajemen strategi dapat dikatakan sebagai
manajemen keseluruan organisasi yang menyangkut arah perusahaan ke masa yang
akan datang. Manajemen ini akan memberikan kerangka untuk menejemen
operasional. Manajemen strategi berorientasi kepada lingkungan bisnis yang
komplek, berpedoman pada tujuan yang jelas, dengan memanfaatkan cara atau
sarana yang dikembangkan secara baik, sambil memanfaatkan kesempatan yang
terbuka. Manajemen strategi bertalian dengan pengambilan keputusaan tentang
strategi yang diambil dan perencanaan bagaimana strategi tersebut akan
dilaksanakan. Menurut Sapiie dalam Manajemen Indonesia (1993) kegiatan
manajemen strategi dapat dibagai dalam tiga bidang :
1.
Analisa strategi untuk mengetahui posisi pada saat ini.
2.
Pemilihan strategi berhubungan dengan formulasi dan evaluasi dari berbagai
alternatif strategi serta pengambilan keputusan tentang strategi yang dipilih.
3.
Strategi implementasi ditujukan untuk melaksanakan strategi yang dipilih.
2.2 Mengelola
Pasar Global
Perusahaan internasional adalah perusahaan yang melakukan
kegiatan atau bisnis internasional atau investasi nasional.
Setiap negara memiliki banyak perbedaan dalam berbagai
hal seperti, budaya, politik, sistem ekonomi, peraturan (hukum) dan
perkembangan ekonomi yang berbeda.
Dalam hal
ini, terdapat empat hal yang perlu
diperhatikan bisnis pasar domestik (lokal) apabila ingin menjadi pemain bisnis pasar global,
yaitu:
1.
Negara-negara
adalah berbeda.
2.
Masalah yang
akan dihadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya.
3.
Pebisnis
internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi pengaruh
(intervensi) dari pemerintah negara setempat.
4.
Transakasi
internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.
2.3 Strategi Global
Dalam bisnis global, perlu dipahami lingkungan yang
berkaitan dengan perbedaan politik, ekonomi, sosial, budaya juga perdagangan
dunia dan kerangka investasi serta sistem moneter global.
Tujuan utama dari perusahaan adalah bagaimana
perusahaan menciptakan laba yang optimal yakni, menambah nilai produk agar
konsumen mau membayar lebih dan melakukan kreasi nilai (value creation) agar
dapat menurunkan biaya produksi.
·
Peningkatan laba melalui ekspansi global
Untuk meningkatkan laba perusahaan domestik, salah
satunya dengan cara melakukan pengembangan secara global. Dengan ini akan
diperoleh :
ü
Pendapatan
yang lebih besar, melalui kemampuan khusus atau inti.
ü
Menyadari
ekonomi lokasi, dimana mendorong terciptanya kreasi nilai (value creation) pada
lokasi yang mungkin paling efisien.
ü
Menyadari
adanya kurva pengalaman yang lebih besar, yang akan mengurangi biaya (value
creatio).
·
Tekanan-tekanan untuk mengurangi biaya dan local responsiveness
Dalam memasuki pasar global, ada dua tipe tekanan
persaingan yang akan dihadapi, yaitu:
ü
Tekanan
untuk pengurangan biaya
Tekanan ini dapat diatasi dengan cara melakukan
produksi masa dan standardisasi produk pada lokasi yang tepat.
ü
Tekanan
untuk tanggap akan lingkungan lokal
Tekanan lokal terjadi karena hal-hal berikut :
Perbedaan selera konsumen dan
pilihan
Perbedaan infrastruktur dan praktek tradisional
Perbedaan saluran distribusi
Permintaan pemerintah local
2.4 Pemilihan Strategi
Perusahaan
memiliki empat jenis strategi untuk bersaing di pasar global yaitu :
2.4.1 Strategi Internasional
(International Strategy)
Strategi ini menawarkan bagaimana perusahaan
menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan
produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana dibidang ini merupakan
kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.
2.4.2 Strategi
Multidomestik ( Multidomestic Strategy)
Dalam strategi ini, perusahaan secara ekstensif
melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisi
nasional yang berbeda dimana value creationjuga diciptakan pada
kegiatan produksi, pemasaran, R&D (penelitian & pengembangan) di setiap
negara yang di jadikan pasar global.
2.4.3 Strategi
Global
Strategi global memusatkan pada peningkatan laba,
dimana lebih mengarahkan pada standardisasi kualitas produk secara global, dan
tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan
strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.
2.4.4 Strategi Transnasional
Strategi ini mencoba mencapai semua strategi yang ada
untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana perusahaan melakukan
pengurang biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta
tekanan lokal. Jadi strategi ini berusaha untuk mengurangi tekanan pengurangan
biaya dan tekanan local responsiveness yang tinggi secara
bersama dan juga melakukan diferensiasi.
Masing-masing strategi mempunyai kelebihan dan
kekurangan. Untuk itu, kita sebagai perusahaan harus bisa memilih strategi yang
tepat untuk berbagai kondisi dengan pertimbangan tekanan pengurangan biaya dan
tekanan local responsiveness yang dihadapi.
2.5 Aliansi Strategi
Aliansi strategi adalah suatu komponen penting dalam
sebuh strategi dimana berkenaan dengan persetujuan kooperasi atau persetujuan
bersama antara pesaing potensial dengan pesaing yang telah ada.
Dalam aliansi strategi ini terdapat berbagai
keunggulan dan kelemahan. Salah satu keunggulan aliansi strategi adalah mudah
memasuki pasar internasional dengan saling melengkapi dalam hal keahlian dan
penurunan biaya dan resiko dalam memasarkan produk serta mudah dalam penentuan
standar teknologi industri internasional.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar aliansi
strategi ini berhasil, yaitu :
2.5.1
Pemilihan
partner, dimana harus jelas siapa yang akan kita ajak kerjasama, apakah partner
tersebut dapat bekerjasama mencapai tujuan strategi dan tujuan aliansinya serta
tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang. Dan sebagai perusahaan yang
akan melakukan aliansi strategi, kita harus melakukan berbagai langkah seperti,
mencari informasi mengenai partner dan mengumpulkan data serta mencari tahu
mengenai partner tersebut.
2.5.2
Struktur
aliansi, yaitu menentukan suatu struktur hingga terjadi keadilan dalam hal
pembebanan resiko dan menghindari terjadinya pemanfaatan dari partner untuk
kepentingannya sendiri.
2.5.3
Penanganan
aliansi, dalam hal ini dapat dilakukan pengamanan dengan teknologi, atau dengan
penetapan kontrak, dimana terjadi persetujuan atau kesepakatan yang jelas,
adil antara perusahaan dengan partnernya dengan komitmen yang mantap agar
tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan.
2.6
Contoh Strategi
Pemasaran Produk PT Unilever Indonesia,Tbk.
2.6.1 Kumpulan Data
Seperti
kita ketahui, Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi
barang konsumen memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan
pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para
pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati
kehidupan.
2.6.2 Tujuan Pemasaran
·
Menjadi yang pertama dan terbaik di
kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
·
Menjadi rekan yang utama bagi
pelanggan, konsumen dan komunitas.
·
Menghilangkan kegiatan yang tak
bernilai tambah dari segala proses.
·
Menjadi perusahaan terpilih bagi
orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
·
Bertujuan meningkatkan target
pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata
karyawan dan pemegang saham.
·
Mendapatkan kehormatan karena
integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
2.6.3
Strategi PT UNILEVER tbk dalam
memasarkan produk
Di
dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT UNILEVER tbk memiliki
strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan,
strategi itu antara lain:
·
Kepemimpinan harga rendah
·
Diferensiasi produk
·
Berfokus pada peluang pasar
·
Menguatkan keakraban pelanggan dan
pemasok
Strategi Promosi yang dapat
dilakukanoleh PT Unilever yaitu:
·
Periklanan
·
Promosi Penjualan
·
Hubungan Masyarakat dan Publisitas
·
Penjualan Secara Pribadi
·
Pemasaran Langsung
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Untuk mempersiapkan
strategi pemasaran yang efektif pada era globalisasi di ini perusahaan harus
mempelajari persaingan serta pelanggan actual dan potensial. Perusahaan perlu
mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan, kelemahan, dan pola reaksi
pesaing, mereka juga perlu mengetahui cara merancang system informasi yang
efektif.
3.2 Saran
Penantang pasar menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar lain secara
agresif untuk memperbesar pangsa pasar. Untuk itu perusahaan harus merancang
system intelijen persaingan yang efektif guna memenangkan persaingan pasar di
era globalisasi ini
DAFTAR
PUSTAKA
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen
Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta,
1996 .
Komentar
Posting Komentar