MAKALAH AUDIT MANAJEMEN TENTANG AUDIT SISTEM INFORMASI

Gambar
AUDIT SISTEM INFORMASI/ TEKNOLOGI INFORMASI Tugas Ini   Disusun Guna untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah “ Audit Manajemen ” Dosen Pengampu : Agus Susilo, MM, Ak, CA, QIA. Disusun oleh: Kelompok 2 ENY WULANDARI                                                 ( 1562012 ) IDA MUHLIDA                                             ( 1562025 ) ARIS SAFIROTUL FANANI                      ( 1562047 ) ...

Managemen Strategi Tentang Lingkungan Strategi Global

LINGKUNGAN (STRATEGI GLOBAL) : STRATEGI PASAR GLOBAL
Tugas Ini  Disusun Guna untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah
Manajemen Startegik
Dosen Pengampu : AGUS SUSILO, MM, QIA, CA
Description: E:\AAAA.jpg

Disusun oleh:
·        Sherly Octaviani                      1562017
·         Lia Indriani                                       1562018
·         Irma Ainaini                           1562019
·        Mita Galuh Osy Lestari           1562020
·        Weny Marga Rusla                            1562024
·        Ida Muhlida                             1562025              

AKUNTANSI KS 01

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
 PGRI DEWANTARA JOMBANG
2016
 


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang berjudul “Lingkungan (Strategi Global) : Strategi Pasar Global” ini membahas mengenai pengertian dan penjelasan dari masing - masing topik yang kami bahas.
Dalam penulisan makalah ini kami  banyak mendapat bantuan dari berbagai referensi buku dan website. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut memudahkan penulisan makalah ini.
Kami sadar bahwa dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan kami. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir kata, kami memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.

Jombang, 27 September 2016
                                                                                               Kelompok Penyusun









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………2
DAFTAR ISI…………………………………...……………………………………….3
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang ……………………………………………...…......................4
1.2Rumusan Masalah.……………………………………………………………5
1.3Tujuan……………….......................................................................................5
BAB II PEMBAHASAN
2.1         Pengertian Manajemen Startegik……………..…………………............……6
2.2         Mengelolah Pasar Global………..……………………………………………6
2.3         Startegi Global….….........................................................................................7
2.4         Pemilihan Strategi……………………………………………………...…......8
2.5         Aliansi Strategi………………………………………….………...…………..9
2.6         Contoh Strategi Pemasaran Produk PT.Unilever Indonesia           tbk………………………………………....………………………………... 10
BAB III PENUTUP
3.1         Kesimpulan ………………………...………………………..…...................11
3.2         Saran…………………………………………………………………………11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….......................................12











BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Persaingan dunia usaha ini tampak semakin meningkat, hal ini menyebabkan manajemen setiap perusahaan mendapat tantangan untuk berusaha secara kompetitif. Perusahaan yang ingin berhasil memperoleh laba serta bertahan bertahun-tahun, tumbuh dan berkembang harus mampu mengelola usahanya dengan menggunakan manajemen yang baik.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin pesat pemimpin perusahaan dituntut agar lebih cermat dan tepat dalam menentukan strategi agar dapat memenangkan persaingan, sehingga pada akhirnya perusahaan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pelaku bisnis ini juga memiliki serangkaian kemampuan baru seperti dapat mengoperasikan saluran informasi dan penjualan baru yang ampuh dengan jangkauan geografis yang meningkat pesat untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk mereka. Dengan membuat satu atau lebih situs web perusahaan dapat menyampaikan daftar produk dan jasanya, riwayatnya, filosofi bisnisnya, peluang kerjanya, dan informasi lain yang penting bagi para pengunjung/pelanggan. Perusahaan juga dapat mengumpulkan informasi yang lengkap dan lebih kaya tentang pasar, pelanggan, dan pesaing. Perusahaan tidak hanya menemukan informasi berlimpah, perusahaan juga dapat mengadakan riset pemasaran dengan cara yang sama sekali baru dengan menggunakan internet. Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan para pelanggan dan calon pelanggan, dan transaksi secara lebih efisien.








1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari manajemen strategi?
2.      Bagaimana cara mengelolah pasar global?
3.      Bagaimana cara menyusun strategi global?
4.      Bagaimana cara pemilihan strategi?
5.      Apa pengertian dari aliansi strategi?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian manajemen strategi.
2.      Untuk mengetahui cara mengelolah pasar global.
3.      Untuk mengetahui cara menyusun strategi global.
4.      Untuk mengetahui cara pemilihan strategi pada perusahaan.
5.      Untuk mengetahui pengertian dari aliansi strategi.



















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Strategi
Istilah strategi adalah berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Strategos” yang mempunyai konotasi istilah Militer, yaitu penerapan taktik dalam berperang untuk mengalahkan musuh. Dengan kata lain penerapan seni dari ilmu berperang dengan mengerahkan kekuatan militer untuk mengalahkan musuh atau memperkecil efek dari kekalahan. Namun dalam era bisnis sekarang ini yaitu suatu cara, taktik bagaimana memenangkan suatu pertarungan bisnis bahkan melumpuhkan saingan-saingan bisnis lain.
Strategi perusahaan pada hakekatnya adalah upaya mempertahankan diri dengan membentuk keunggulan bersaing melalui berbagai cara. Manajemen strategi dapat dikatakan sebagai manajemen keseluruan organisasi yang menyangkut arah perusahaan ke masa yang akan datang. Manajemen ini akan memberikan kerangka untuk menejemen operasional. Manajemen strategi berorientasi kepada lingkungan bisnis yang komplek, berpedoman pada tujuan yang jelas, dengan memanfaatkan cara atau sarana yang dikembangkan secara baik, sambil memanfaatkan kesempatan yang terbuka. Manajemen strategi bertalian dengan pengambilan keputusaan tentang strategi yang diambil dan perencanaan bagaimana strategi tersebut akan dilaksanakan. Menurut Sapiie dalam Manajemen Indonesia (1993) kegiatan manajemen strategi dapat dibagai dalam tiga bidang :
1.      Analisa strategi untuk mengetahui posisi pada saat ini.
2.      Pemilihan strategi berhubungan dengan formulasi dan evaluasi dari berbagai alternatif strategi serta pengambilan keputusan tentang strategi yang dipilih.
3.      Strategi implementasi ditujukan untuk melaksanakan strategi yang dipilih.

2.2 Mengelola Pasar Global
Perusahaan internasional adalah perusahaan yang melakukan kegiatan atau bisnis internasional atau investasi nasional.
Setiap negara memiliki banyak perbedaan dalam berbagai hal seperti, budaya, politik, sistem ekonomi, peraturan (hukum) dan perkembangan ekonomi yang berbeda.
Dalam hal ini, terdapat empat hal yang perlu diperhatikan bisnis pasar domestik (lokal) apabila ingin menjadi pemain bisnis pasar global, yaitu:
1.      Negara-negara adalah berbeda.
2.      Masalah yang akan dihadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya.
3.      Pebisnis internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi pengaruh (intervensi) dari pemerintah negara setempat.
4.      Transakasi internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.

2.3 Strategi Global
Dalam bisnis global, perlu dipahami lingkungan yang berkaitan dengan perbedaan politik, ekonomi, sosial, budaya juga perdagangan dunia dan kerangka investasi serta sistem moneter global.
Tujuan utama dari perusahaan adalah bagaimana perusahaan menciptakan laba yang optimal yakni, menambah nilai produk agar konsumen mau membayar lebih dan melakukan kreasi nilai (value creation) agar dapat menurunkan biaya produksi.
·        Peningkatan laba melalui ekspansi global
Untuk meningkatkan laba perusahaan domestik, salah satunya dengan cara melakukan pengembangan secara global. Dengan ini akan diperoleh :
ü  Pendapatan yang lebih besar, melalui kemampuan khusus atau inti.
ü  Menyadari ekonomi lokasi, dimana mendorong terciptanya kreasi nilai (value creation) pada lokasi yang mungkin paling efisien.
ü  Menyadari adanya kurva pengalaman yang lebih besar, yang akan mengurangi biaya (value creatio).
·        Tekanan-tekanan untuk mengurangi biaya dan local responsiveness
Dalam memasuki pasar global, ada dua tipe tekanan persaingan yang akan dihadapi, yaitu:
ü  Tekanan untuk pengurangan biaya
Tekanan ini dapat diatasi dengan cara melakukan produksi masa dan standardisasi produk pada lokasi yang tepat.


ü  Tekanan untuk tanggap akan lingkungan lokal
Tekanan lokal terjadi karena hal-hal berikut :
  Perbedaan selera konsumen dan pilihan
  Perbedaan infrastruktur dan praktek tradisional
  Perbedaan saluran distribusi
  Permintaan pemerintah local

2.4 Pemilihan Strategi
Perusahaan memiliki empat jenis strategi untuk bersaing di pasar global yaitu :
2.4.1     Strategi Internasional (International Strategy)
Strategi ini menawarkan bagaimana perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana dibidang ini merupakan kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.
2.4.2    Strategi Multidomestik ( Multidomestic Strategy)
Dalam strategi ini, perusahaan secara ekstensif melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisi nasional yang berbeda dimana value creationjuga diciptakan pada kegiatan produksi, pemasaran, R&D (penelitian & pengembangan) di setiap negara yang di jadikan pasar global.
2.4.3    Strategi Global
Strategi global memusatkan pada peningkatan laba, dimana lebih mengarahkan pada standardisasi kualitas produk secara global, dan tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.
2.4.4     Strategi Transnasional
Strategi ini mencoba mencapai semua strategi yang ada untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana perusahaan melakukan pengurang biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta tekanan lokal. Jadi strategi ini berusaha untuk mengurangi tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang tinggi secara bersama dan juga melakukan diferensiasi.
Masing-masing strategi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, kita sebagai perusahaan harus bisa memilih strategi yang tepat untuk berbagai kondisi dengan pertimbangan tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang dihadapi.

2.5  Aliansi Strategi
Aliansi strategi adalah suatu komponen penting dalam sebuh strategi dimana berkenaan dengan persetujuan kooperasi atau persetujuan bersama antara pesaing potensial dengan pesaing yang telah ada.
Dalam aliansi strategi ini terdapat berbagai keunggulan dan kelemahan. Salah satu keunggulan aliansi strategi adalah mudah memasuki pasar internasional dengan saling melengkapi dalam hal keahlian dan penurunan biaya dan resiko dalam memasarkan produk serta mudah dalam penentuan standar teknologi industri internasional.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar aliansi strategi ini berhasil, yaitu :
2.5.1        Pemilihan partner, dimana harus jelas siapa yang akan kita ajak kerjasama, apakah partner tersebut dapat bekerjasama mencapai tujuan strategi dan tujuan aliansinya serta tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang. Dan sebagai perusahaan yang akan melakukan aliansi strategi, kita harus melakukan berbagai langkah seperti, mencari informasi mengenai partner dan mengumpulkan data serta mencari tahu mengenai partner tersebut.
2.5.2        Struktur aliansi, yaitu menentukan suatu struktur hingga terjadi keadilan dalam hal pembebanan resiko dan menghindari terjadinya pemanfaatan dari partner untuk kepentingannya sendiri.
2.5.3        Penanganan aliansi, dalam hal ini dapat dilakukan pengamanan dengan teknologi, atau dengan penetapan kontrak, dimana terjadi persetujuan atau kesepakatan yang jelas, adil antara perusahaan dengan partnernya dengan komitmen yang mantap agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan.


2.6    Contoh Strategi Pemasaran  Produk PT Unilever Indonesia,Tbk. 
2.6.1 Kumpulan Data
Seperti kita ketahui, Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan.
2.6.2 Tujuan Pemasaran
·         Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
·         Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
·         Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
·         Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
·         Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
·         Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
2.6.3        Strategi PT UNILEVER tbk dalam memasarkan produk
Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT UNILEVER tbk memiliki strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu antara lain:
·         Kepemimpinan harga rendah
·         Diferensiasi produk
·         Berfokus pada peluang pasar
·         Menguatkan keakraban pelanggan dan pemasok
Strategi Promosi yang dapat dilakukanoleh PT Unilever yaitu:
·         Periklanan
·         Promosi Penjualan
·         Hubungan Masyarakat dan Publisitas
·         Penjualan Secara Pribadi
·         Pemasaran Langsung

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif pada era globalisasi di ini perusahaan harus mempelajari persaingan serta pelanggan actual dan potensial. Perusahaan perlu mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan, kelemahan, dan pola reaksi pesaing, mereka juga perlu mengetahui cara merancang system informasi yang efektif.
3.2 Saran
Penantang pasar menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar lain secara agresif untuk memperbesar pangsa pasar. Untuk itu perusahaan harus merancang system intelijen persaingan yang efektif guna memenangkan persaingan pasar di era globalisasi ini



















DAFTAR PUSTAKA
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta, 1996 .




 LINGKUNGAN (STRATEGI GLOBAL) : STRATEGI PASAR GLOBAL
Tugas Ini  Disusun Guna untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada Mata Kuliah
Manajemen Startegik
Dosen Pengampu : AGUS SUSILO, MM, QIA, CA
Description: E:\AAAA.jpg

Disusun oleh:
·        Sherly Octaviani                      1562017
·         Lia Indriani                                       1562018
·         Irma Ainaini                           1562019
·        Mita Galuh Osy Lestari           1562020
·        Weny Marga Rusla                            1562024
·        Ida Muhlida                             1562025              

AKUNTANSI KS 01

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
 PGRI DEWANTARA JOMBANG
2016
 

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang berjudul “Lingkungan (Strategi Global) : Strategi Pasar Global” ini membahas mengenai pengertian dan penjelasan dari masing - masing topik yang kami bahas.
Dalam penulisan makalah ini kami  banyak mendapat bantuan dari berbagai referensi buku dan website. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut memudahkan penulisan makalah ini.
Kami sadar bahwa dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan kami. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir kata, kami memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.

Jombang, 27 September 2016
                                                                                               Kelompok Penyusun









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………2
DAFTAR ISI…………………………………...……………………………………….3
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang ……………………………………………...…......................4
1.2Rumusan Masalah.……………………………………………………………5
1.3Tujuan……………….......................................................................................5
BAB II PEMBAHASAN
2.1         Pengertian Manajemen Startegik……………..…………………............……6
2.2         Mengelolah Pasar Global………..……………………………………………6
2.3         Startegi Global….….........................................................................................7
2.4         Pemilihan Strategi……………………………………………………...…......8
2.5         Aliansi Strategi………………………………………….………...…………..9
2.6         Contoh Strategi Pemasaran Produk PT.Unilever Indonesia           tbk………………………………………....………………………………... 10
BAB III PENUTUP
3.1         Kesimpulan ………………………...………………………..…...................11
3.2         Saran…………………………………………………………………………11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….......................................12











BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Persaingan dunia usaha ini tampak semakin meningkat, hal ini menyebabkan manajemen setiap perusahaan mendapat tantangan untuk berusaha secara kompetitif. Perusahaan yang ingin berhasil memperoleh laba serta bertahan bertahun-tahun, tumbuh dan berkembang harus mampu mengelola usahanya dengan menggunakan manajemen yang baik.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin pesat pemimpin perusahaan dituntut agar lebih cermat dan tepat dalam menentukan strategi agar dapat memenangkan persaingan, sehingga pada akhirnya perusahaan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pelaku bisnis ini juga memiliki serangkaian kemampuan baru seperti dapat mengoperasikan saluran informasi dan penjualan baru yang ampuh dengan jangkauan geografis yang meningkat pesat untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk mereka. Dengan membuat satu atau lebih situs web perusahaan dapat menyampaikan daftar produk dan jasanya, riwayatnya, filosofi bisnisnya, peluang kerjanya, dan informasi lain yang penting bagi para pengunjung/pelanggan. Perusahaan juga dapat mengumpulkan informasi yang lengkap dan lebih kaya tentang pasar, pelanggan, dan pesaing. Perusahaan tidak hanya menemukan informasi berlimpah, perusahaan juga dapat mengadakan riset pemasaran dengan cara yang sama sekali baru dengan menggunakan internet. Perusahaan dapat berkomunikasi dua arah dengan para pelanggan dan calon pelanggan, dan transaksi secara lebih efisien.








1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari manajemen strategi?
2.      Bagaimana cara mengelolah pasar global?
3.      Bagaimana cara menyusun strategi global?
4.      Bagaimana cara pemilihan strategi?
5.      Apa pengertian dari aliansi strategi?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian manajemen strategi.
2.      Untuk mengetahui cara mengelolah pasar global.
3.      Untuk mengetahui cara menyusun strategi global.
4.      Untuk mengetahui cara pemilihan strategi pada perusahaan.
5.      Untuk mengetahui pengertian dari aliansi strategi.



















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Strategi
Istilah strategi adalah berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Strategos” yang mempunyai konotasi istilah Militer, yaitu penerapan taktik dalam berperang untuk mengalahkan musuh. Dengan kata lain penerapan seni dari ilmu berperang dengan mengerahkan kekuatan militer untuk mengalahkan musuh atau memperkecil efek dari kekalahan. Namun dalam era bisnis sekarang ini yaitu suatu cara, taktik bagaimana memenangkan suatu pertarungan bisnis bahkan melumpuhkan saingan-saingan bisnis lain.
Strategi perusahaan pada hakekatnya adalah upaya mempertahankan diri dengan membentuk keunggulan bersaing melalui berbagai cara. Manajemen strategi dapat dikatakan sebagai manajemen keseluruan organisasi yang menyangkut arah perusahaan ke masa yang akan datang. Manajemen ini akan memberikan kerangka untuk menejemen operasional. Manajemen strategi berorientasi kepada lingkungan bisnis yang komplek, berpedoman pada tujuan yang jelas, dengan memanfaatkan cara atau sarana yang dikembangkan secara baik, sambil memanfaatkan kesempatan yang terbuka. Manajemen strategi bertalian dengan pengambilan keputusaan tentang strategi yang diambil dan perencanaan bagaimana strategi tersebut akan dilaksanakan. Menurut Sapiie dalam Manajemen Indonesia (1993) kegiatan manajemen strategi dapat dibagai dalam tiga bidang :
1.      Analisa strategi untuk mengetahui posisi pada saat ini.
2.      Pemilihan strategi berhubungan dengan formulasi dan evaluasi dari berbagai alternatif strategi serta pengambilan keputusan tentang strategi yang dipilih.
3.      Strategi implementasi ditujukan untuk melaksanakan strategi yang dipilih.

2.2 Mengelola Pasar Global
Perusahaan internasional adalah perusahaan yang melakukan kegiatan atau bisnis internasional atau investasi nasional.
Setiap negara memiliki banyak perbedaan dalam berbagai hal seperti, budaya, politik, sistem ekonomi, peraturan (hukum) dan perkembangan ekonomi yang berbeda.
Dalam hal ini, terdapat empat hal yang perlu diperhatikan bisnis pasar domestik (lokal) apabila ingin menjadi pemain bisnis pasar global, yaitu:
1.      Negara-negara adalah berbeda.
2.      Masalah yang akan dihadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya.
3.      Pebisnis internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi pengaruh (intervensi) dari pemerintah negara setempat.
4.      Transakasi internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.

2.3 Strategi Global
Dalam bisnis global, perlu dipahami lingkungan yang berkaitan dengan perbedaan politik, ekonomi, sosial, budaya juga perdagangan dunia dan kerangka investasi serta sistem moneter global.
Tujuan utama dari perusahaan adalah bagaimana perusahaan menciptakan laba yang optimal yakni, menambah nilai produk agar konsumen mau membayar lebih dan melakukan kreasi nilai (value creation) agar dapat menurunkan biaya produksi.
·        Peningkatan laba melalui ekspansi global
Untuk meningkatkan laba perusahaan domestik, salah satunya dengan cara melakukan pengembangan secara global. Dengan ini akan diperoleh :
ü  Pendapatan yang lebih besar, melalui kemampuan khusus atau inti.
ü  Menyadari ekonomi lokasi, dimana mendorong terciptanya kreasi nilai (value creation) pada lokasi yang mungkin paling efisien.
ü  Menyadari adanya kurva pengalaman yang lebih besar, yang akan mengurangi biaya (value creatio).
·        Tekanan-tekanan untuk mengurangi biaya dan local responsiveness
Dalam memasuki pasar global, ada dua tipe tekanan persaingan yang akan dihadapi, yaitu:
ü  Tekanan untuk pengurangan biaya
Tekanan ini dapat diatasi dengan cara melakukan produksi masa dan standardisasi produk pada lokasi yang tepat.


ü  Tekanan untuk tanggap akan lingkungan lokal
Tekanan lokal terjadi karena hal-hal berikut :
  Perbedaan selera konsumen dan pilihan
  Perbedaan infrastruktur dan praktek tradisional
  Perbedaan saluran distribusi
  Permintaan pemerintah local

2.4 Pemilihan Strategi
Perusahaan memiliki empat jenis strategi untuk bersaing di pasar global yaitu :
2.4.1     Strategi Internasional (International Strategy)
Strategi ini menawarkan bagaimana perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana dibidang ini merupakan kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.
2.4.2    Strategi Multidomestik ( Multidomestic Strategy)
Dalam strategi ini, perusahaan secara ekstensif melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisi nasional yang berbeda dimana value creationjuga diciptakan pada kegiatan produksi, pemasaran, R&D (penelitian & pengembangan) di setiap negara yang di jadikan pasar global.
2.4.3    Strategi Global
Strategi global memusatkan pada peningkatan laba, dimana lebih mengarahkan pada standardisasi kualitas produk secara global, dan tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.
2.4.4     Strategi Transnasional
Strategi ini mencoba mencapai semua strategi yang ada untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana perusahaan melakukan pengurang biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta tekanan lokal. Jadi strategi ini berusaha untuk mengurangi tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang tinggi secara bersama dan juga melakukan diferensiasi.
Masing-masing strategi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, kita sebagai perusahaan harus bisa memilih strategi yang tepat untuk berbagai kondisi dengan pertimbangan tekanan pengurangan biaya dan tekanan local responsiveness yang dihadapi.

2.5  Aliansi Strategi
Aliansi strategi adalah suatu komponen penting dalam sebuh strategi dimana berkenaan dengan persetujuan kooperasi atau persetujuan bersama antara pesaing potensial dengan pesaing yang telah ada.
Dalam aliansi strategi ini terdapat berbagai keunggulan dan kelemahan. Salah satu keunggulan aliansi strategi adalah mudah memasuki pasar internasional dengan saling melengkapi dalam hal keahlian dan penurunan biaya dan resiko dalam memasarkan produk serta mudah dalam penentuan standar teknologi industri internasional.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar aliansi strategi ini berhasil, yaitu :
2.5.1        Pemilihan partner, dimana harus jelas siapa yang akan kita ajak kerjasama, apakah partner tersebut dapat bekerjasama mencapai tujuan strategi dan tujuan aliansinya serta tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang. Dan sebagai perusahaan yang akan melakukan aliansi strategi, kita harus melakukan berbagai langkah seperti, mencari informasi mengenai partner dan mengumpulkan data serta mencari tahu mengenai partner tersebut.
2.5.2        Struktur aliansi, yaitu menentukan suatu struktur hingga terjadi keadilan dalam hal pembebanan resiko dan menghindari terjadinya pemanfaatan dari partner untuk kepentingannya sendiri.
2.5.3        Penanganan aliansi, dalam hal ini dapat dilakukan pengamanan dengan teknologi, atau dengan penetapan kontrak, dimana terjadi persetujuan atau kesepakatan yang jelas, adil antara perusahaan dengan partnernya dengan komitmen yang mantap agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan.


2.6    Contoh Strategi Pemasaran  Produk PT Unilever Indonesia,Tbk. 
2.6.1 Kumpulan Data
Seperti kita ketahui, Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan.
2.6.2 Tujuan Pemasaran
·         Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
·         Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
·         Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
·         Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
·         Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
·         Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
2.6.3        Strategi PT UNILEVER tbk dalam memasarkan produk
Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT UNILEVER tbk memiliki strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu antara lain:
·         Kepemimpinan harga rendah
·         Diferensiasi produk
·         Berfokus pada peluang pasar
·         Menguatkan keakraban pelanggan dan pemasok
Strategi Promosi yang dapat dilakukanoleh PT Unilever yaitu:
·         Periklanan
·         Promosi Penjualan
·         Hubungan Masyarakat dan Publisitas
·         Penjualan Secara Pribadi
·         Pemasaran Langsung

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif pada era globalisasi di ini perusahaan harus mempelajari persaingan serta pelanggan actual dan potensial. Perusahaan perlu mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan, kelemahan, dan pola reaksi pesaing, mereka juga perlu mengetahui cara merancang system informasi yang efektif.
3.2 Saran
Penantang pasar menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar lain secara agresif untuk memperbesar pangsa pasar. Untuk itu perusahaan harus merancang system intelijen persaingan yang efektif guna memenangkan persaingan pasar di era globalisasi ini



















DAFTAR PUSTAKA
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta, 1996 .




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH “PROBLEMATIKA NILAI, MORAL DAN HUKUM DALAM MASYARAKAT DAN NEGARA”

MAKALAH STRUKTUR ORGANISASI

Makalah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) tentang Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)